Wednesday, March 9, 2011

Oleh-oleh Khas Sumedang




Tidak ada salahnya kalau kita intip oleh-oleh yang ada di kabupaten sumedang selain tahu dan ubi cilembu, kota ini juga mempunyai beragam aneka khas makanan lho. Dan dijamin anda akan merasa penasaran untuk mencicipi makanan tersebut. Seperti apa sih.....yuk kita intip satu persatu. siapa tahu jika anda datang ke kota ini tertarik untuk memborongnya.
1. OPAK ODED



Opak ini tidak hanya terkenal di seantero nusantara tetapi juga telah dikenal di luar negeri. Bentuknya yang bulat kecoklatan-coklatan memang telah menjadi ciri khasnya. Tapi jangan salah sepintas mungkin tidak ada yang istimewa karena bentuk dan warnanya sama seperti opak-opak biasa. Tetapi jika anda telah mencicipi rasanya maka akan terlihatlah dimana letak perbedaannya. Ya dari soal rasa itulah yang membedakan opak oded ini dengan opak biasa.

Makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan ini memiliki rasa yang cukup renyah dan empuk ketika digigit. Dari tempat asalnya Conggeang opak oded ini telah menghasilkan omzet yang cukup fantastic. Ada berbagai macam rasa untuk membuat opak ini menjadi inovatif. Meskipun cara pembuatannya masih memakai cara tradisional namun tetap dapat dijadikan andalan utama sebagai komoditi makanan dan penghasil ekspor terbesar di daerahnya.
2. SALE PISANG KEJU


Hmm....mendengar namanya saja membuat lidah serasa bergoyang. Apalagi jika memakannya dijamin deh mulut susah untuk berhenti menguyah karena rasanya yang special. Panganan yang terbuat dari pisang ini memang sangat renyah, gurih dan manis. Apalagi cara pembuatannya yang diiris melintang, tipis dan dilapisi oleh tepung terigu bagian luarnya membuat sale pisang ini menjadi istimewa.
Makanan ini banyak dijumpai di daerah Panyingkiran, dekat Taman Kota Sumedang. Tak heran jika musim liburan tiba cemilan ini banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang enak.
Bagaimana..... ingin mencoba?



3.SALAK BONGKOK
Buah salak ini banyak terdapat di desa Bongkok kecamatan Congeang dan memiliki ciri dan rasa yang khas.Hampir seluruh masyarakat di desa ini
menanamnya. Rasanya pun sangat manis dan legit tak kalah dengan salak pondoh. Banyak dijumpai di sepanjang jalan raya Paseh
ke arah conggeang. Harganya pun cukup bervariatif.



4. SAWO SUKATALI
Sawo ini sangat terkenal dari segi rasa, warna dan bentuknya jika dibandingkan dengan buah serupa yang lain.Buah ini banyak terdapat di desa sukatali kecamatan Situraja. Termasuk komoditi utama bagi pendapatan desa tersebut. Di sepanjang jalan sukatali maka akan banyak ditemui penjual sawo ini.




5. Jeruk Cikoneng
Buah ini sudah termasuk tanaman langka didaerah asalnya Cikoneng. Meskipun dulu hampir di setiap halaman rumah orang mempunyai pohon ini, namun kini hampir jarang ditemui. Sejak meletusnya gunung galunggung dan abunya menyebar sampai ke daerah
Cikoneng, jeruk ini sulit tumbuh karena adanya beberapa faktor.
Jeruk Cikoneng mempunyai rasa yang khas dan manis. Buah Jeruk ini selain dimakan segar sebagai buah meja, kadang-kadang juga dibuat rujak atau diambil ekstraknya untuk dibuat jus. Bunganya yang harum dapat dipakai untuk bahan parfum. Daun, bunga, buah dan bijinya dapat pula dimanfaatkan untuk mengobati sakit batuk, demam dan sakit perut.




-->