Sunday, March 1, 2015

CERITA MENARIK DIBALIK SEJARAH TUGU LINGGA SUMEDANG


Ada hal yang menarik jika kita berkunjung ke Alun alun Sumedang, yaitu berdirinya monument Lingga yang berada persis  di tengah-tengahnya. Bangunan yang mempunyai bentuk unik ini seperti telah menjadi maskot bagi pemerintahan kabupaten Sumedang.

Menurut cerita tugu Lingga ini di bangun pada masa pemerintahan Pangeran Aria Soeriaatmadja, yang kala itu tengah menjabat sebagai Bupati Sumedang. Tidak diketahui secara persis apa sebenarnya tujuan didirikannya monument Lingga ini. Tetapi menurut rumor yang beredar di masyarakat, bangunan berbentuk persegi empat dengan bentuk bulat seperti teropong di tengahnya itu adalah makam dari Pangeran Aria Soeriaatmadja yang merupakan keturunan dari Raja Sumedang Larang. Dan semua benda-benda pusaka milik Pangeran Aria Soeriaatmadja juga turut di simpan dalam Lingga.

Ada yang mengatakan bahwa sebenarnya tugu Lingga ini adalah merupakan lorong rahasia yang dibuat Pangeran Aria Soeriaatmadja sebagai jalan rahasia menuju ke Mekkah. Menurut keterangan  Pangeran Aria Soeriaatmadja  wafat di tanah Mekkah sekitar tahun 1921. Masyarakat menyakini bahwa ada jalan rahasia yang menghubungkan antara Tugu Lingga ini dengan kantor pemerintahan.

Dari cerita yang berkembang di masyarakat, Tugu Lingga ini memang seperti menyimpan sejuta misteri yang menyertainya.

Hingga sampai kini Tugu Lingga Sumedang masih terawat  dengan baik oleh pemerintah Kabupaten Sumedang sebagai peninggalan sejarah yang unik. Dan setiap bulan Maulud tiba, pemerintah kabupaten Sumedang selalu melaksanakan upacara ritual yaitu dengan melakukan kirab dengan membawa benda-benda pusaka yang telah dimandikan.

Namun sayang, meski telah dirawat dengan baik terkadang bangunan ini tetap tak bisa menghindar dari kejahilan dan keisengan orang yang mengotori keindahan dan kebersihannya.......





No comments: